In the Kitchen : Warm Macaroni Tofu Soup

11:48 AM

Memanjakan diri dengan makanan yang hangat adalah pilihan yang tepat untuk hawa jakarta di hari-hari belakangan ini yang hampir selalu hujan. Itulah kenapa saya tanpa pikir panjang memilih sup untuk menu sarapan minggu minggu pagi. Kebetulan si Nana lagi nginep di kosan saya dalam rangka kangen-kangenan sekaligus ber-appleberry ria. Kita menghabiskan malam dengan bercerita kesana kemari, nana membatu saya memfernis pesenan pin, membuat next plan, menata bunga, hingga menjurnal ulang keuangan.

Nana juga langsung setuju dengan ide saya tentang memasak sup, bagaimana tidak? Jakarta sedang tidak sepanas biasanya bahkan cenderung dingin dan lembap, siapapun pasti setuju pilihan menyedu makanan atau minuman panas adalah solusi terbaik di cuacah seperti ini.

Kita nggak pengen memasak yang terlalu beribet karena masih banyak urusan yang harus kita kerjain lainnya, dan.... tara setelah sekitar 20 menit di dapur jadilah " warm macaronie toffu soup". Ini resep super cepat dan murah, recomended banget buat di praktikkan oleh anak-anak kosan. Bahan-bahannya pun tidak aneh-aneh dikarenakan persediaan barang kami juga tidak banyak. Tapi bagaimanapun juga hasilnya bisa di katakan memuaskan dan pas, ini juga sehat loh karena kita sama sekali tidak menggunakan MSG!

DSC_0162

So, here are the Ingredients :
1. 3 potong tahu, potong kotak dadu
2.  Macaroni secukupnya
3. Dua potong sosis, ini juga bisa di ganti bakso atau yang sejenis
4. Garam
5. Gula
6. Saus
7. Bawang putih
DSC_0168

DSC_0170

DSC_0173

DSC_0174

How to :
Untuk proses pembuatannya sendiri tergolong sangat mudah dan cepat loh, bisa lah buat ide quick food untuk orang-orang seperti saya untuk sarapan dan bekala makain siang saat di kantor. Lumayan kan memasak sendiri selain lebih hemat, kita juga benar-benar tahu proses pembuatannya dan pemilihan bahan-bahannya. Jadi tidak perlu khawatir lagi. 
1. Siapkan semua alat dan bahan yang di perlukan. Jangan lupa untuk memotong bahan-bahan yang perlu di potong. Untuk Bawang putih haluskan terlebih dahulu, tapi kita lebih suka tidak terlalu halus alias masih ada beberapa bagian yang tetap utuh. 
2.  Masukkan air kedalam panci, masak dengan kondisi api cukup besar agar lebih cepat mendidih. 
3. Jika sudah hampir mendidih, masukkan terlebih dahulu bahan-bahan yang sekiranya akan lama matang seperti wortel dan macaroni. Ohya tambahkan juga bawang ya. Jika panci terlalu kecil akan cepat terjadi kondisi seperti mendidih dan semua bahan menjadi naik seakan ingin keluar dari panci. Angkat sejenak dan periksa apakah bahan-bahan kalian sudah cukup matang, jika belum letakkan lagi di atas kompor. 
4. Tambahkan sedikit garam dan gula sambil di aduk-aduk, agar meresap ke bahan makanan pertama kita. 
5.  Setelah sudah cukup matang, masukkan bahan-bahan cepat matang seperti sosis dan tahu. 
6. Tes rasa kuah anda, jika masih kurang tambahkan lagi dengan garam dan gula hingga rasanya pas. Kita bahkan juga menambakan saus pedas loh! Yah apalah dikata, ingin membuat sup merah tapi tidak punya tomat. Tetapi resultnya berhasil kok. 
7. Jika sudah dirasa bahwa semua bahan telah matang dengan sempurna dan rasa telah pas, makanan siap di angkat dan sajikan!
DSC_0186
DSC_0198

 Dan ini dia hasilnya, kita sebenarnya masak dalam porsi kecil tetapi ternyata jadi banyak sekali bahkan bisa dinikmati oleh kurang lebih enam orang dengan porsi masing-masing seperti di bawah ini. Kisaran harga cuma habis sekitar 6000 loh! Murah, enak dan sehat kan? :)


DSC_0206

s

Jadi tunggu apalagi? Make your own now!

With love from Kitchen,
ghea + nana

You Might Also Like

0 blablabla's

Subscribe