Appleberry di 2014

1:00 AM

DSC_0428 copy copy
Rasanya masih nggak percaya kalo sekarang udah memasuki tahun 2015, yang mana itu berarti sudah sekitar dua tahun sejak saya dan Nana mulai menjadi teman sebangku di SMK Telkom dan merajut impian akan kesibukan masa depan yang sesuai passion. Saya masih ingat jika saat itu semangat kami berdua memang sedang meletup-letup bercerita kesana kemari tentang asiknya punya pekerjaan impian yang nggak jauh-jauh dari mesin jahit, tumpukan kain, cat, kertas, dapur dan kamera. Semua itu memang passion kami, dimana kami selalu merasa 'hidup' saat berhubungan dengan benda-benda yang sudah saya sebutkan tadi. Tapi di sisi lain kami berdua juga merasa ada sedikit rasa pesimis, melihat background kami adalah dari tekhnik informatika yang nggak ada hubungannya sama kesemua barang yang kita anggap bikin bahagia itu. Apalagi kita berdua tau sendiri kalo rata-rata kakak kelas kita (Alumni) kerjanya sebagai orang-orang kantoran atau ada juga yang punya perusahan sendiri tapi semua itu nggak jauh-jauh dari IT.

IMG_1218
Tapi kita kemudian sadar kalo 'nothing impossible' selama kita ada usaha, kayak pepatah populer yang berkata 'dimana ada usaha pastilah ada jalan' kitapun start bikin appleberry. Mungkin awal kita mencetuskan bikin appleberry emang di 2013, tapi bagi saya pribadi appleberry baru mulai serius itu di tahun 2014 setelah kami berdua bekerja, karena salah satu tujuan kami memilih bekerja sambil kuliah selepas SMK adalah biar bisa segera ngemodalin pekerjaan impian kami berdua.

Kalo boleh di bilang tahun 2014 ini adalah tahun belajar buat saya sama nana, tahun berjuang. Entah udah berapa kali kita super seneng dan nangis bareng-bareng. Tapi itulah namanya 'tahun pertama', masih penuh air mata dan drama. Kita selalu saling ngingetin bahwa di tahun pertama memang banyak orang yang memulai sesuatu dan pada akhirnya mundur, tapi kita nggak boleh termasuk satu diantara mereka. Kita harus yang terus maju, kalo ada yang nggak pas yaudah kita pivot, kalo ada problem yaudah di atasi. Mimpi gede kita nggak boleh kalah cuma sama hal-hal sepele.

Tahun ini juga akhirnya kita bikin website ini, www.helloappleberry.com setelah sebelumnya cuma pakek blogspot. Dimana dalam hal ini ada banyak tangan-tangan yang berbaik hati ngebantu kita, mas dany yang buatin header websitenya dan ikhsan yang bantuin koding. Sementara designnya saya sendiri yang buat, meskipun buatnya super cepet-cepetan semoga masih enak di lihat hehe (Kalo ngerasa ada yang nggak cocok sama website ini langsung komen aja biar bisa di review). Ganasnya kesibukan di kantor dan di kampus (duo-K) membuat jadwal post kita berantakan di tahun ini, tapi setelah review akhir tahun kita sudah buat timeline yang lebih clear dan jelas. Yah semoga tahun 2015 jadwal post kita semakin baik dan rapi, semangat Nana!

Tahun ini juga finally kita mulai launch produk kita, dari wooden pin, flowers cans, penjepit kayu, kitchenette sampai papan tulis kayu. Kadang percaya nggak percaya tiap kita mau launch produk baru, rasanya ini mimpi yang jadi nyata! Meskipun baru kecil-kecilan udah buat kita seneng banget. Kita ketemu dan kenalan sama banyak orang baru selama produksi berlangsung yang kemudian jadi partner kerja kita, mulai dari bapak-ibu dari keluarga menengah kebawah yang buat hidupnya berjuang banget, tukang-tukang genit, penjual toko ini itu hingga orang-orang di pinggir jalan. Mereka bukan sekedar partner kerja tapi kadang mereka juga guru kehidupan buat kami berdua. Semoga di 2015 kami semakin bisa berkolaborasi dengan banyak masyarakat sekaligus membantu perekonomian mereka.

IMG_20140309_141108 copy
Salah satu tempat tinggal partner usaha kita yang rumahnya setiap hujan banjir, di jakarta loh ada daerah yang begini segala. Kebanyakan produk kita kerja sama bareng orang-orang yang tempat tinggalnya begini. Meski langkah kecil tapi semoga membantu mereka dapat penghasilan tambahan hehe.
DSC_1161 copy copy
appleberry handmade folwers + cans | appleberry figura + poster (designed by ghea)
all in one 2
Appleberry kitchenette series! :)
DSC_1280 copy
Most wanted in our shop, semua saya cat sendiri dengan proses amplas - cat - pin - label - vernis (ini vernis mem-vernis urusan nana). Semua gambarnya manual dan tanpa cetakan loh.

Mengingat proses produksi membuat saya tertawa sendiri. Saya masih ingat ketika harus membawa banyak sekali barang bawaan yang berat sambil berkeliling pasar yang penuh dan gerah bersama nana, belum lagi di siang terik kami naik motor berdua di macetnya jakarta dengan barang-barang super banyak, atau bahkan kondisi lawannya yaitu kami berdua yang tetiba kehujanan padahal barang bawannya nggak nyante sampe melipir ke sevel dengan bawaan khas pemborong baru pulang dari pasar. Kejadian paling lucu terjadi di awal tahun saat saya dan nana masih belum terlalu faham jalan di jakarta, mengandalkan gps yang lupa ganti settingan 'hilangkan jalan tol' kami berdua secara tidak sengaja masuk ke dalam tol hingga jauh sekali kedalam padahal kita naik motor (kebetulan ini tipe tol yang masuk tol dulu baru loket jadi nggak kerasa tau tau udah area tol aja), beruntung yang sekaligus memalukan ada orang-orang yang berteriak ke arah kami dan mengingatkan bahwa kami telah salah jalan dan berada di kawasan tol, setelah bingung langkah apa yang harus di ambil kita berdua memilih buat puter balik dan melawan arah sambil malu banget (nana lebih malu sih dia kan nyetir, kalo saya bisa sok berpaling ke lawan arah haha). Saya juga masih ingat malam-malam yang saya habiskan bareng nana dengan belepotan cat dan vernis yang lengket. Ah sesusah apapun itu, saya bahagia karena perjalanan ini semakin punya cerita. Appleberry sedang berperoses dan kita berdua sedang di tantang untuk tetap struggle atau dengan mudah giveup.

DSC_1775 copy copy
Ceritanya lagi nunggu hujan di sevel, udah aja ngeluarin barang bawaan yang di tenteng kesana kemari. Ini cuma sebagian barang loh, belum semua. Bayangin aja saya naik motor bawa semua barang ini. Yah semoga appleberry segera bisa beli mobil sendiri hahaha.

Ngomongin appleberry juga nggak melulu tetang kerja, tahun ini Alhamdulillah kita berkesempatan jalan-jalan ke Jogja dalam rangka #JogjAppleberry, yang meski nggak pure buat rekreasi karena di sambi urusan kerjaan tapi kita berdua seneng banget! Kita nata itinerary dengan bahagia, hiking ke gunung purba, main air di pantai ndrini, lari-lari ratu boko, ngicipin varian kesukaan kita di matchamumakan malem super puas di angkriganmampir ke cafe hitz jogja di epic coffeesampe di ajakin home tour di rumah paris. Perjalanan itu bikin saya semakin 'kaya', akan relasi dan pengalaman baru. Pokoknya tahun 2015 kudu bikin rencana buat jalan-jalan bareng appleberry lagi kan enak gratisan
.
DSC00040
Meskipun tahun ini saya pribadi ngerasa appleberry belum totalitas, karena kami berdua masih suka ngasih dispensasi buat diri misalnya abis kerja terus kuliah dan sampe rumah jam 10 udah aja ngizinin diri mager, bubu-bubu sambil gabut dan nggak mau ngapa-ngapain dengan alasan 'kasian abis capek seharian'. Tapi semoga di 2015 ini komitment kita makin gede, nggak gampang ngasih kemudahan diri tapi 'break the limit'.

Terakhir saya mewakili appleberry dan nana mau ngucapin terimakasih sebanyak-banyaknya buat berbagai pihak yang sudah mengikuti dan mendukung kami setahun ini. Para pembaca blog dan para cussy-cussy sayang yang udah pesen prodak ini itu dari kaita. Tanpa kalian kita berdua nggak bakalan bisa sejauh ini. Semoga tahun ini bisa memberikan yang terbaik untuk kalian semua, Amin :)

Have a good day,
ghea, appleberry

You Might Also Like

0 blablabla's

Subscribe