Homemade Sushi

12:49 AM

DSC_0818
Sushi? Who loves sushi? Mungkin kebanyakan dari orang-orang Indonesia ngga begitu suka makanan sejenis sushi. Once, saya pernah mencoba makan sushi asli yah memang bukan dari jepang tapi asli buatan restoran jepang yang katanya rasanya memang mirip dengan sushi jepang (tidak disesuaikan dengan lidah orang indonesia). Dan rasanya? Worst haha sebenernya rasa relatif sih, tergantung doyan atau enggak dan mau coba atau engga. Kalau kami, memang suka sekali coba coba makanan entah itu western, Italian atau Indonesian food dari daerah lain. Urusan enak dan ngga enak itu bisa dinilai setalah makan dan urusan doyan dan ngga doyan itu ketika kita mau ulangin lagi atau engga. That’s the philosophy of eat, I think.

Untuk real sushi, I said no. Tapi untungnya kami masih doyan dan doyan banget malah dengan seewed. And that’s why we made our sushi! From an easy ingredients but worthy!
We just need
  • Mentimun
  • Wortel
  • Kornet
  • Telur
  • Bawang Bombay
  • Plain seewed
  • Nasi
DSC_0807
DSC_0805
DSC_0812
We don’t need much veggie here, cukup masing-masing satu buah, itupun ngga akan kita pakai semuanya. Pertama, iris wDSC_0813ortel, mentimun, telur yang sudah didadar dengan memanjang. Kedua, masak kornet dan irisan bawang Bombay sebentar untuk filling. Oh iya, we also need sushi roll boleh dari bahan plastic atau bambu untuk memudahkan menggulung sushi. Ketiga, letakan nasi diatas ¾ seewed jadi  ¼ dari seweed tidak akan dilumuri nasi. Keempat, hasil irisan wortel, mentimun dan telur ditata diatas bagian kanan atau kiri lembaran seweed yang dilumuri nasi. Letakkan secukupknya saja dan inget ngga semua bagian nasi dilumuri oleh filling. Tuangkan juga tumisan kornet diatasnya. Kelima, The favorite side of making sushi. Gulung sushi secara perlahan mulai dari bagian sushi yang telah diberi filling. Jika sudah mendekati bagian seweed yang ngga diberi nasi, stop rolling and spread some water into that sewed, not so much. Itu hanya untuk merekatkan sushi agar tetap tergulung. Potong potong sushi menggunakan pisau yang tajam secara perlahan bedakan dengan saat memotong cake karna sushi is so sensitive, bisa bisa semua isi sushi keluar jika terlalu cepat memotong. And the beauty of sushi itu adalah tekstur tengahnya setelah dipotong! And here we goes with a Indonesian sushi hehe oh ya, sushi bisa dimakan bersama saus sambal atau tomat, mayonise atau kecap asin. Have a nice cooking!
DSC_0814
DSC_0819

You Might Also Like

0 blablabla's

Subscribe